Gejala Kista Indung Telur

Gejala Kista Indung Telur – Normalnya, setiap wanita mempunyai dua indung telur atau ovarium. Dan letaknya berada di kanan dan kiri rahim. Indung telur atau ovarium yang berukuran biji kenari adalah salah satu sistem reproduksi wanita. Dan fungsi dari organ ini adalah untuk bisa memproduksi sel telur dalam setiap bulannya dimulai dari masa pubertas hingga menopause. Dan juga berfungsi untuk memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Fungsi dari ovarium yang kadang akan mengalami suatu gangguan, salah satunya adalah kista. Kista indung telur atau kista ovarium adalah suatu gangguan yang biasanya sering terjadi. Penyakit kista ovarium yakni suatu kantong yang berisi dengan cairan dan terbentuk didalam ovarium. Kista indung telur mempunyai dua golongan utama, yakni kista fungsional adalah muncul sebagai suatu bagian dari siklus haid. Dan kista yang umum adalah kista yang bisa hilang sendiri dan tidak berbahaya. Berlawanan dengan penyakit kista fungsional, ada jenis kista yang mengandung sel abnormal didalamnya. Dan sebagian kecil dari kista yang mengandung sel abnormal akan beresiko menyebabkan penyakit kanker.

Gejala Kista Indung Telur

Gejala Kista Indung Telur

Gejala Kista Indung Telur

Untuk sebagian besar wanita yang sebelumnya sudah pernah mengalami kista indung telur. Kista yang biasanya tidak menimbulkan gejala kista indung telur dan akan hilang sendiri dalam waktu beberapa bulan. namun kista yang ukurannya besar atau juga kista yang pecah biasanya akan menyebabkan gejala kista indung telur yang lebih serius dan kronis sehingga tidak membutuhkan penanganan lewat jalan operasi. Dibawah ini adalah gejala kista indung telur yang sebaiknya Anda waspadai adalah :

  1. Haid yang tidak teratur
  2. Nyeri dibagian tulang panggul
  3. Buang air kecil yang sering
  4. Sistem pencernaan yang tidak lancar
  5. Merasa kenyang dan juga perut terasa kembung
  6. Susah buang air besar.

Jika gejala kista indung telur ditemukan, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis ginekologi untuk bisa menjalani serangkaian pemeriksa lebih lanjut, dan selain itu juga untuk bisa memastikan diagnosis. Dan misalnya adalah seperti melakukan pemeriksaan pada organ intim, melakukan USG, atau juga melakukan tes darah.

Penyakit kista indung telur biasanya akan hilang sendiri dalam waktu beberapa bulan. supaya bisa memastikannya, maka Anda harus menjalani pemeriksaan USG. Dibawah ini adalah beberapa faktor yang bisa menentukan perlu atau juga tidaknya mengenai tindakan pengangkatan kista:

  1. Ada atau tidaknya gejala yang muncul. Dan sekitar 4 persen dari kasus penyakit kista yang bisa menyebabkan gejala kista indung telur. Dan jika gejala kista indung telur muncul, operasi pengangkatan yang harus dilakukan.
  2. Ukuran dan juga kandungan yang ada didalam kista. Kista dengan ukuran besar dan diperkirakan mengandung adanya sel abnormal harus diangkat dengan jalan operasi.
  3. Kista yang terjadi disaat sedang dalam masa menopause. Wanita yang sudah mengalami menopause biasanya beresiko lebih besar untuk mengalami penyakit kista indung telur yang semakin berkembang dari penyakit kista.

Penderita kista indung telur yang sudah mengalami menopause sangat dianjurkan sekali untuk melakukan tes darah dan juga melakukan pemeriksaan USG secara teratur supaya bisa memastikan kista hilang dalam waktu cepat. Jika tidak, maka kista harus mendapatkan penanganan dengan jalan operasi pengangkatan karena akan beresiko menyebabkan kanker ovarium.

Kista yang sering dinilai bisa mengganggu kesuburan wanita. Hal ini tidak sepenuhnya dianggap benar, karena baisanya kista bisa diangkat dengan jalan mudah tanpa harus mengganggu organ ovarium. Namun untuk jenis kista ovarium yang sudah kompleks, penanganan yang dilakukan dengan jalan operasi akan sangat mempengaruhi tingkat dari kesuburan wanita.

Pemantauan rutin yang biasanya dilakukan jika memang adanya kista tanpa gejala yang terlihat. Kista indung telur tidak membutuhkan penanganan yang khusus. Dan dalam waktu beberapa minggu biasanya akan hilang. Maka untuk bisa memastikannya harus melakukan pemeriksaan USG.

Operasi pengangkatan ovarium secara sepenuhnya yang akan dianjurkan pada kista yang terdeteksi. Dan kemungkinan besar bersifat bisa beresiko menyebabkan kanker atau ganas. Pengangkatan yang dilakukan pada satu ovarium memanglah  akan sedikit mempengaruhi tingkat kesuburan wanita. Namun ovarium atau indung telur yang masih tersisa akan dapat memproduksi hormon dan juga sel-sel telur sehingga peluang untuk  bisa hamil masih dapat terjadi. Dan berbeda dengan penanganan pengangkatan kedua ovarium yang dilakukan. Hal inilah yang bisa memicu menopause dan juga menandakan  adanya suatu kemungkinan Anda atau peluang untuk Anda mendapatkan anak. Pengangkatan dari kedua indung telur bersamaan dengan rahim serta jaringan yang ada di sekitarnya biasanya dilakukan jika memang sudah terbukti adanya sel kanker ganas didalamnya.

Kenali faktor resiko kista indung telur :

  1. Sudah menopause
  2. Usianya sudah lanjut antara 50-60 tahun.
  3. Mempunyai gen mutasi BRCA1 dan BRCA2
  4. Mempunyai keluarga dengan riwayat kesehatan penyakit kanker ovarium
  5. Mengalami penyakit kanker payudara
  6. Sudah pernah melakukan terapi hormon setelah masa menopause
  7. Merokok
  8. Mengalami sindrom ovarium polikistik.
  9. Sebelumnya pernah mengonsumsi obat yang akan meningkatkan kesuburan.
  10. Belum pernah mengalami kehamilan.

Gejala Kista Indung Telur

———————————————————————–

CARA PEMESANAN JELI GAMAT LUXOR

Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor Serta Membantu Proses Penyembuhan Bagi Penyakit Kronis Lainnyajelly-gamat-luxor

1 Botol Jeli Gamat Luxor Isi 350 ml = Rp.265.000,-

Cara Pemesanan : SMS ke 0852-8272-6096, tuliskan : Pesan Obat Kista Miom Jeli Gamat Luxor, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )


=====================================

>>> Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kista Indung Telur and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.