Penyakit Kista Indung Telur

Indung telur adalah rongga berbentuk kantong berisi cairan di dalam jaringan ovarium. Penyakit kista indung telur di sebut juga kista fungsional karena terbentuk setelah telur dilepaskan sewaktu ovulasi. Kista fungsional akan mengkerut dan menyusut setelah beberapa wakti (setelah 1-3 bulan), hingga biasanya dokter yang mencurigai terbentuk kista menganjurkan penderita melakukan control kembali 3 bulan kemudian. Selama waktu menunggu tersebut. Kadang-kadang dokter menganjurkan penderita agar minum pil KB agar tidak terjadi ovulasi.  Demikan pula yang terjadi bila seorang perempuan sudah menopause, kista fungsional tidak terbentuk. Untuk meyakinkan azpakah perempuan mengidap kista, dokter melakukan pemeriksaan sonogram.

Gejala utama penyakit kista indung telur yang mengalami keganasan adalah tumor di dalam perut yang cepat membesar, dapat pula muncul anak sebar terutama sekitar organ perut. Keganasan indung telur dapat menimbulkan penyulit tambahan berupa asites (cairan yang dikeluarkan oleh sel ganas dan tertimbun di dalam perut), pada anak sebar ke sekitar jaringan dapat menimbulkan pembengkakan tungkai bawah. Pada wanita yang telah mati haid, bila masih teraba indung telurnya (seharusnya tidak teraba), harus ada kecurigaan terhadap keganasan. Wanita yang mengidap keganasan indung telur badan bagian atas tampak kurus sedangkan bagian bawah perutnya membesar, terdapat pembengkakan tungkai bawah karena timbunan cairan. Ini adalah keganasan indung telur stadium lanjut. Untuk membuat ketetapan keganasan dini, memang sulit pada keganasan indung telur dan sebagian besar pasien datang pada stadium yang sudah lanjut. Bila dijumpai keganasan dalam stadium dini sebagian besar dijumpai secara kebetulan saat melakukan operasi tumor indung telur dalam bentuk kista atau tumor padat.

Penyebab utama tumbulnya kista belum diketahui secara pasti. Namun demikian, diduga salah satu penyebab timbulnya penyakit kista indung telur muncul dari rongga seperti kantung tempat tumbuhnya sel telur. Kista pada indung telur bisa muncul secara normal selama siklus menstruasi dan hilang dengan sendirinya  sebelum memasuki siklus menstruasi berikutnya. Kista tersebut juga dapat menyebar hingga ke leher rahim dan diskitar rahim.

Karsinoma indung telur sebagian besar sudah terlambat atau stadium yang tinggi. Diagnosis dini sangat sulit, sebagian besar dijumpai secara kebetulan saat melakukan operasi tumor indung telur dalam bentuk kista atau tumor padat. Karsinoma indung telur sebagian besar ditemukan sudah terlambat atau stadium yang tinggi. Diagnosis dini kista indung telur sangat sulit, sebagian besar pasien terlambat datang memeriksakan diri. Begitu  pasien datang memeriksakan diri sudah dalam stadium lanjut atau stadium IV. Oleh karena tu, keganasan indung telur disebut silent killer atau pembunuh berdarah dingin.

Pengobatan kista indung telur melalui operasi, tetapi sebagian sudah tidak mungkin dilakukan operasi karena besarnya keganasan serta sudah menyebar ke berbagia tempat. Tindakan operasi “sito reduksi” atau debulking artinya melakukan operasi dengan tujuan memperkecil besarnya tumor ganas itu, sehingga dapat dilakukan pengobatan dengan radiasi atau pemberian kemoterapi. Hasilnya tidak memuaskan.


=====================================

>>> Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kista Indung Telur and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>