Penyebab Kista Indung Telur

Penyebab Kista Indung Telur – Setiap wanita mempunyai dua indung telur atau yang lebih dikenal dengan istilah ovarium. Dan di satu bagian kanan, serta satu lagi dibagian kiri rahim. Indung telur atau ovarium yang mempunyai ukuran sebesar biji kenari merupakan salah satu dari organ reproduksi wanita. Fungsi dari organ ini adalah membantu menghasilkan sel telur setiap bulannya dari mulai masa pubertas sampai masa menopause wanita, dan selain itu kegunaannya juga untuk membantu memproduksi hormon estrogen dan juga hormon progesteron.

Penyebab Kista Indung Telur

Penyebab Kista Indung Telur

Penyebab Kista Indung Telur

Fungsi dari ovarium kadang dapat mengalami suatu gangguan dan penyakit kista adalah salah satu jenis gangguan yang banyak terjadi. Penyakit kista ovarium adalah  kantong yang berisi dengan cairan yang sudah terbentuk didalam ovarium. Kista ovarium sendiri mempunyai 2 kategori yang utama. Yakni adalah kista fungsional yang bisa muncul sebagai salah satu bagian dari siklus haid. Dan penyakit kista yang paling umum terjadi biasanya akan hilang dengan sendirinya dan tidak akan berbahaya. Sedangkan berlawanan dengan kasus kista fungsional, biasanya ada jenis kista yang mengandung sel yang tidak normal. dan sebagian kecil dari kasus biasanya memiliki sel yang tidak nornal yang sifatnya bertindak sebagai penyakit kanker.

Penyebab kista indung telur tergantung dari kategori penyakitnya. Penyebab kista indung telur adalah :

  1. Penyakit kista fungsional
    Untuk penyebab kista indung telur fungsional merupakan salah satu bagian dari siklus haid. Dan penyakit kista yang paling umum terjadi ini biasanya akan hilang dengan cepat dan tidak akan berbahaya. Penyebab kista indung telur fungsional ini terbagi menjadi 2 jenis yakni adalah penyakit kista korpus luteum dan juga kista folikel. Korpus luteum adalah selyang bisa menghasilkan hormon estrogen dan progesteron setelah terjadinya pelepasan dari sel telur. Disaat lubang keluar dai rsel telur dibagian korpus luteum ini mengalami sumbatan, maka penumpukan cairan juga akan terjadi. Dan hal inilah yang pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya korpus luteum yang lama kelamaan akan berkembang menjadi penyakit kista.
    Untuk jenis kista fungsional jenis kedua adalah penyakit kista folikel. Dan didalam ovarium, sel telur yang semakin berkembang didalam struktur yang lebih dikenal dengan folikel. Dan untuk enyakit folikel yang terbentuk disaat folikel mengalami suatu gangguan sehingga tidak dapat melepaskan sel telur. Dan folikel pun juga akan mengalami pembengkakan akibat banyaknya cairan dan juga berpotensi besar berubah menjadi suatu kista. Penyakit kista foikel yang bisa hilang sendiri selama beberapa minggu.
  2. Penyakit kista indung telur dengan sel abnormal
    untuk Penyebab kista indung telur yang satu ini tidak ada hubungannya dengan siklus haid dan akan muncul karena adanya suatu pertumbuhan sel yang tidak normal. dan sebagian kecil penyakit kista yang satu ini bersifat kanker.

Penyebab kista indung telur tidak ada hubungannya dengan siklus haid adalah :

  1. Kista dermoid
    Penyebab kista indung telur untuk jenis ini biasanya adalah kista dengan sel abnormal yang banyak terjadi untuk wanita yang berusia dibawah 40 tahun.
  2. Kista adenoma
    penyebab kista indung telur yang satu ini biasanya banyak ditemukan pada wanita yang berusia diatas 40 tahun dan terbentuk akibat dari sel-sel diluar jaringan ovarium.

Biasanya penyebab kista indung telur akan hilang sendiri tanpa mendapatkan penanganan yang khusus. Namun ada beberapa hal yang bisa menentukan langkah pengobatan :

  1. Ada atau tidaknya gejala yang muncul karena penyakit kista ovarium
  2. Ukuran dari penyakit kista
  3. Apakah penderita sudah melewati masa menopausenya.

Penderita yang sudah melewati masa menopause yang memilikii resiko tinggi untuk para pengidap penyakit kanker ovarium. Dan oleh sebab itulah, supaya penyakit kista tidak semakin berkembang menjadi penyakit kanker, maka penyebab kista

Pengobatan yang dilakukan untuk mencegah penyebab kista indung telur adalah melakukan pemantauan rutin. Pemantauan rutin yang dilakukan biasanya jika ada penyakit kista tanpa suatu gejala yang terdteksi. Dan penyakit kista ini biasanya membutuhkan suatu penanganan yang khusus dan bisa hilang sendiri selama beberapa minggu. Untuk membantu memastikan, maka Anda bisa melakukan pemeriksaan USG terlebih dahulu.

Jika Anda mengalami penyakit kista dengan ukuran yang besar dan semakin berkembang lama kelamaan dan menyebabkan munculnya gejala, maka biasana dokter spesialis ginekologi akan menganjurkan Anda dalam menjalani tindakan operasi. Operasi yang dilakukan adalah operasi pengangkatan kista yang kecil yang dapat dilakukan dengan jalan operasi lubang kunci atau yang lebih dikenal dengan istilah laparoskopi. Didalam laparoskopi, sayaran yang dibuat biasanya hanya sekitar 1 cm saja ukurannya. Dan sedangkan untuk penyakit kista yang besar, yang diperkirakan mengandung kandungan sel yang tidak normal, operasi dengan menggunakan sayatan yang lebih besar lagi atau laparotomi biasanya yang harus dilakukan.

Semua operasi yang dilakukan pastinya mempunyai resiko, dan termasuk diantaranya adalah operasi utnuk penyakit kista ovarium. Jika komplikasi sudah terjadi, maka pasien harus melakukan pemeriksaan ke dokter.

Itulah informasi mengenai penyebab kista indung telur, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Terimakasih.

Penyebab Kista Indung Telur

———————————————————————–

CARA PEMESANAN JELI GAMAT LUXOR

Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor Serta Membantu Proses Penyembuhan Bagi Penyakit Kronis Lainnyajelly-gamat-luxor

1 Botol Jeli Gamat Luxor Isi 350 ml = Rp.265.000,-

Cara Pemesanan : SMS ke 0852-8272-6096, tuliskan : Pesan Obat Kista Miom Jeli Gamat Luxor, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )


=====================================

>>> Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kista Indung Telur and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.